Menguak Misteri Malam Satu Suro



Malam 1 Suro yg juga bertepatan dengan 1 Muharam di Indonesia punya arti yg sedikit unik. Untuk group spesifik lebih-lebih penduduk Jawa yg masih tetap mempercayai, malam 1 Suro amat sama juga dengan nuansa mistis. Apakah benar atau cuma mitos?

Pada malam 1 Suro ini mereka yg punya senjata pusaka atau gaman bakal mencucinya. Orang Jawa umum menyebutnya dengan Penjamasan.

Buat menjamas senjata pusaka seperti keris, tombak serta yang lain juga tdk asal-asalan. Ada ritual teristimewa yang penting dijalankan seperti puasa, pati geni, sesaji, bakar menyan, tumpengan serta semua tetek bengeknya.


Mereka mempercayai dengan menjamas saat malam 1 Suro akan buat pusaka mereka jadi tambah sakti. Tidak pelak, untuk penduduk Jawa yg meyakini ritual ini, malam 1 Suro jadi amat teramat mutlak. Dimensi gaib serta mistis saat malam ini amat kuat.

Untuk mereka yg tidak punya pusaka juga konsisten melaksanakan ritual teristimewa saat malam 1 Suro.

Baca juga:

Rahasia Ilmu Pelet Ampuh, Berikut Reaksinya


Di Keraton Surakarta, warga kurang lebih kerap melaksanakan ritual Mubeng Benteng (Melingkari Benteng Surakarta), ada juga yg melaksanakan ritual kungkum atau berendam di kali serta terdapat banyak lagi.

Keraton Surakarta serta Yogyakarta sampai saat ini masih tetap melanggengkan ritual penjamasan keris pusaka tiap tiap malam 1 Suro. Bahkan juga selesai dimandikan, air yg difungsikan buat penjamasan jadi rebutan warga. Mereka mempercayai air yg difungsikan buat memandikan keris pusaka itu punya kandungan tuah serta barokah.

Beberapa orang Jawa juga menyakini bahwa Bln. Suro juga sebagai bln. penuh kesialan, tersebut yg membuat pada bln. itu 'dilarang' melaksanakan pesta teristimewa pernikahan.

Untuk mereka yg yakin itungan-itungan Primbon, semestinya bakalan tidak mengadakan pesta pernikahan di Bln. Suro.

Baca juga:

Asal-Usul dan perbedaan Jeis-Jenis Bulu Perindu Bikin Kami Gak Nyangka


Dalam persepsi Islam, bln. sial seperti Suro semestinya tiada. Seluruhnya hari merupakan baik serta tiada saat atau tanggal yg dapat membawa kesialan pada manusia.

Timbulnya keyakinan berkenaan bln. Suro juga sebagai bln. sial, hal tersebut tdk terlepas dari latar belakang peristiwa zaman kerajaan tempo dahulu. Pada zaman dulu di Bln. Suro beberapa keraton di Pulau Jawa mengadakan ritual memandikan pusaka keraton.

Ritual menjamas pusaka keraton pada zaman dulu jadi suatu adat yg mengasyikkan untuk penduduk yg benar-benar masih tetap haus bakal hiburan. Jadi dengan kebolehan karisma keraton dibuatlah stigma berkenaan 'angker' bln. Suro.

Apabila di bln. Suro rakyat mengadakan hajatan teristimewa pesta pernikahan, dapat menjadikan sepinya ritual yg diselenggarakan keraton dengan sebutan lain keraton kalah pamor. Resikonya bakal kurangi legitimasi serta kewibawaan keraton, yg pada waktu itu sebagai sumber semua hukum. Adat memandikan keris serta pusaka ini dapat jadi arena buat memupuk kesetiaan rakyat pada Keraton.

Mitos berkenaan keangkeran bln. Suro ini demikianlah kuat dihembuskan, biar rakyat yakin serta tdk mengadakan kesibukan yg dapat menganggu acara keraton. Serta sampai saat ini keyakinan itu masih tetap demikianlah kuat dipegang oleh beberapa orang. Jadi ada rangkaian orang yg pada bln. Suro tdk berani mengadakan acara spesifik dikarenakan di kira dapat membawa sial.




Tapi bagaimanakah juga keyakinan bakal malam 1 Suro serta Bln. Suro masih tetap mengakar kuat. Semua ritual yg dijalankan saat malam 1 Suro seakan jadi adat unik yg dipunyai serta dipercayai penduduk Jawa yg kaya budaya adiluhung.

Semestinya tiada kelirunya juga konsisten merawat adat di penduduk. Selanjutnya apakah benar Malam 1 Suro itu nyata-nyata keramat? Atau cuma mitos belaka? Tiap tiap orang semestinya punya langkah serta pojok pandang sendiri buat menilainya serta mengukurnya. Selamat Th. Hijriyah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »